Berita

    Plafon Mobil Anda Kotor? Ini Cara Membersihkannya!

    Memiliki mobil yang nyaman, pasti membuat aktivitas perjalanan lalu lintas menjadi lebih menyenangkan. Salah satu untuk menciptakan ruang kabin yang nyaman adalah dengan memperhatikan kebersihan plafon mobil.

    Ya, bagian interior satu ini kerap jarang diperhatikan dari sisi kebersihan sehingga menyebabkan kotoran dan debu menempel di sekitar. Jika sudah mendapati kondisi seperti demikian, ada baiknya untuk segera membersihkannya secara maksimal.

    Cara Membersihkan Plafon Mobil

    Membersihkan plafon sebenarnya cukup mudah, tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan plafon pada mobil Anda:

    • Siapkan Lap Microfiber

    Langkah pertama, siapkan lap microfiber yang berfungsi untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel di sekitar plafon. Bahannya yang lembut, ini bisa membersihkan ruang kabin mobil secara efektif.

    Namun, pastikan lap dalam kondisi kering dan bersih untuk menyeka di setiap bagian plafon. Lakukan beberapa kali searah dengan kain agar kotoran yang terangkat lebih maksimal.

    • Gunakan Cairan Pembersih

    Langkah berikutnya adalah gunakan cairan pembersih khusus dengan menyemprotkannya ke seluruh permukaan plafon. Kemudian, seka secara perlahan menggunakan lap microfiber atau sikat khusus.

    cairan pembersihFreepik.com

    Semprotkan secara berulang hingga permukaan plafon benar-benar bersih. Pastikan lap yang digunakan tetap dalam keadaan kering agar membersihkan plafon jauh lebih maksimal.

    • Gunakan Campuran Air Cuka

    Selain menggunakan cairan pembersih khusus, ada pilihan alternatif lainnya menggunakan campuran air dan cuka. Langkah ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan minyak yang menempel tanpa merusak lapisan material plafon.

    Untuk membuat cairan ini, anda bisa mencampurkan 3:1 air dan cuka ke dalam wadah. Kemudian, masukkan lap microfiber ke dalam campuran tersebut untuk menyeka noda di plafon mobil Anda.

    • Semprotkan Pengharum Ruangan

    Setelah membersihkan area plafon dari debu dan kotoran, jangan lupa untuk menyemprotkan pengharum ruangan di area yang sudah dibersihkan. 

    Langkah ini sangat membantu untuk menghilangkan bau tidak sedap akibat kondisi plafon yang kotor sebelumnya.

    Anda bisa menyemprotkan ke seluruh area plafon dan kabin untuk menciptakan suasana mobil yang nyaman dan bersih. Hindari menyemprotkan secara berlebihan hingga basah karena bisa merusak lapisan perekat pada plafon.

    • Pastikan Area Plafon Kering

    Setelah plafon dibersihkan, pastikan area tersebut benar-benar kering agar tidak menimbulkan jamur. Kondisi plafon yang basah tentu akan menyebabkan jamur sehingga membuat ruang mobil lembab dan bau.

    Hal ini tentunya harus Anda hindari dengan cara segera mengeringkan area yang basah hingga kering. Tips ini berlaku juga untuk plafon berbahan kain ataupun beludru.

    • Lakukan secara Berkala

    Agar kebersihan plafon tetap terjaga dengan maksimal, sebaiknya Anda tidak membersihkan mobil hanya 1-2 kali saja. Lakukan membersihkan plafon secara berkala setidaknya 1-2 bulan sekali.

    Hal ini dikarenakan kunci dari ruang mobil yang nyaman adalah bagaimana konsistennya pemilik kendaraan dalam merawat mobil mereka.

    Ini juga termasuk dari cara mereka rutin membersihkan plafon agar terbebas dari kotoran dan debu di sekitar.

    Itulah 5 cara membersihkan plafon pada mobil secara efektif dengan menggunakan peralatan kebersihan yang mudah ditemukan di rumah.

    Selain menerapkan tips membersihkan plafon mobil dengan benar, penting juga untuk menjaga kebersihan secara berkala agar perjalanan terasa nyaman.