Berita

    Cari Tahu Istilah PCD & OFFSET Pada Velg Mobil

    Pecinta otomotif pasti tidak asing dengan istilah offset dan PCD velg mobil. Pasalnya, komponen yang satu ini seringkali menjadi sasaran utama modifikasi untuk menambah daya pikat kendaraan.

    Sebelum melakukan proses modifikasi, ada baiknya mengenali lebih dalam tentang kedua hal ini. Hal ini untuk menghindari kesalahan pemilihan komponen modifikasi karena ukuran setiap velg berbeda antara satu dengan yang lain.

    Apa itu PCD Velg Mobil

    Pitch Circle Diameter (PCD) atau bisa juga disebut sebagai bolt pattern adalah jarak lubang baut yang ada pada velg. Biasanya, ukuran ini juga merujuk pada beban dan tenaga yang mampu dibebankan pada mobil.

    Dengan mengetahui ukuran PCD velg mobil, Anda dapat memiliki acuan yang jelas ketika akan membeli velg yang Anda inginkan untuk dibeli apalagi jika Anda membelinya dari platform marketplace

    Harapannya, tidak akan ada kesalahan ukuran velg mobil sehingga akan menjadi sia-sia karena ketika barang datang tidak sesuai dengan ukuran PCD velg pada mobil yang seharusnya.

    Cara mengukur PCD 

    Alternatif utama dari cara mengukur PCD pada velg mobil Anda adalah dengan menarik garis lurus antara dua baut pada velg mobil Anda yang posisinya paling jauh dan pengukuran dilakukan dengan menggunakan satuan milimeter.

    Sebagai contoh, PCD 100 mengindikasikan bahwa ukuran jarak dua baut adalah 100 millimeter. Maka, jika tertera keterangan PCD 4x100 berarti jumlah baut pada velg mobil tersebut adalah empat buah dengan jarak diameter dari masing-masing bautnya adalah 100 milimeter.

    PCD 100 biasanya dipakai oleh mobil dengan dimensi kecil. Yang perlu diperhatikan adalah angka PCD yang berbeda-beda seperti angka 120 dan 139. Semakin besar PCD velg mobil, beberapa ahli menganggapnya kurang bagus.

    Mengenal Istilah Offset Velg Mobil

    Istilah offset yang sering disematkan dengan velg mobil adalah sebutan lain dari besar permukaan tengah velg, apakah ia menjorok ke dalam atau ke luar.

    Biasanya, offset velg mobil diindikasikan dengan angka dan kode ET. Sebagai salah satu contohnya, ada velg mobil dengan nilai offset ET25 dan ET45. 

    Semakin kecil angka yang tersemat, maka luas penampang tengah velg mobil akan semakin menjorok ke dalam. Sebaliknya, semakin besar angkanya, posisi penampang tengah velg akan semakin mencuat ke luar.

    Bagaimana Cara Memodifikasi Offset

    Jika Anda berkeinginan untuk memodifikasi offset application pada velg mobil Anda, ada baiknya dengan menggunakan adaptor. Tetapi, sayangnya, hal ini hanya bisa dilakukan jika velg memiliki konstruksi 2 hingga 3 buah saja.