Berita

    Kaliper Rem Mobil: Fungsi, Cara Kerja dan Perawatannya

    Kaliper rem mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem pengereman. Dalam sistem pengereman, khususnya rem cakram, komponen ini memiliki peran penting. meskipun dianggap sepele dan tidak familiar, tetapi ternyata fungsinya tidak boleh diremehkan.

    Lantas, apa saja fungsi yang dimiliki oleh komponen ini? berikut selengkapnya!

    Fungsi Kaliper Rem Mobil

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, komponen ini mempunyai peran penting pada sistem pengereman, khususnya mobil yang menggunakan rem cakram. Kaliper mempunyai fungsi menjepit kampas rem serta piringan cakram.

    Tetapi, pada dasarnya ada berbagai fungsi yang dimiliki oleh komponen ini, seperti:

            1. Pengendalian Laju Kendaraan

    Dalam sistem pengereman, komponen ini memang menjadi bagian penting dari kendaraan karena fungsinya dapat mengatur seberapa laju dan cepat kendaraan. Bila komponen ini mengalami kerusakan, hal ini tentu dapat mengganggu laju kendaraan dan membahayakan pengendara. 

    Dapat diibaratkan jika komponen ini menjadi bagian vital dari kendaraan karena keamanan dan kenyamanan pengendara tergantung dari cara kerja yang dimiliki komponen ini. Bila komponen ini dapat bekerja dengan baik, perjalanan akan aman-aman saja. 

            2. Pengatur Proses Ketika Mengerem Mobil

    Sesuai dengan nama yang dimilikinya, komponen ini berfungsi sebagai pengatur kendaraan ketika akan berhenti. Anda dapat berhenti di tempat yang aman dan tepat bila komponen ini bekerja dengan baik. 

    Bagian ini berada di belakang dan depan mobil, sehingga kinerjanya akan sangat maksimal ketika harus menghentikan kendaraan. Hal tersebut juga berlaku saat melajukan mobil dengan kecepatan tinggi serta ingin mengurangi kecepatannya. 

            3. Dapat Memperpendek Jarak Pengereman

    Saat akan mengerem kendaraan, kita umumnya harus memberi jarak terlebih dulu. Namun, sekarang sudah tidak perlu melakukan hal tersebut berkat kaliper. Komponen ini dapat membantu memperpendek jarak pengereman sehingga menjadi lebih mudah. 

    Lantas, seperti apa cara kerja yang dimiliki rem ini? Anda hanya perlu menginjak pedal menggunakan kaki saat akan berhenti di sebuah tempat. Nantinya, mobil akan langsung berhenti dalam jarak yang dekat sehingga tidak membahayakan. 

            4. Menyalurkan Gaya Dorong Di Cakram

    Kaliper juga memiliki fungsi menyalurkan gaya dorong di cakram. Di bagian ini umumnya terdapat piston yang dapat membantu menyalurkan gaya dorong sehingga bisa sampai di piringan cakram.