Berita

    Kenali Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Subwoofer

    Subwoofer merupakan perangkat pendukung serangkaian instalasi audio dalam mobil. Tentunya, ia dilengkapi dengan fungsi yang lebih spesifik ketimbang speaker reguler. Hal ini lantaran perangkat tersebut mampu memproduksi bunyi bass berkualitas jernih dan halus.

    Bicara soal bunyi tersebut, perangkat audio ini mampu menghasilkan frekuensi lebih rendah, khususnya pada nada-nada bawah bass. Melalui frekuensi sekitar 10 sampai 200 Hertz, perangkat audio ini pun dilengkapi sebuah kotak pelindung untuk menjaga kualitas bass.

    Apakah Anda merupakan seseorang yang menggemari bunyi bass? Jika iya, Anda dapat memasang perangkat audio ini dalam mobil Anda. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya!

    Sejumlah Pertimbangan Sebelum Pemasangan Subwoofer

    Sebelum memasang perangkat audio ekstra dalam mobil, Anda wajib mempertimbangkan beberapa aspek hingga matang supaya hasilnya bisa optimal. Nah, berikut merupakan poin-poin dan penjelasan tentang pertimbangan tersebut yang perlu Anda ketahui:

    • Mengenali Kebutuhan Audio

    Ketika hendak membeli dan perangkat audio ekstra untuk mobil, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu pada penjual produk elektronik mengenai minat Anda pada jenis musik. Sebab, setiap orang mempunyai selera musik berbeda. 

    Dengan mempertimbangkan jenis musik favorit Anda, maka Anda bisa mengetahui apa yang ditonjolkan musik tersebut. Misalnya adalah bunyi bass-nya, gemericiknya, atau naturalnya. Melalui ini, pengalaman mendengar musik favorit lebih sempurna.

    • Memilih Jenis

    Anda sebaiknya mengetahui jenis subwoofer sebelum membeli dan memasangnya. Nah, jenis yang ada saat ini adalah pasif dan aktif. Keduanya tentu memiliki karakteristik masing-masing.

    Jenis aktif umumnya merupakan perangkat kolong yang telah tertanam amplifier atau power di dalamnya. Sementara itu, jenis pasif masih memerlukan box tambahan dan power amplifier supaya dapat digunakan.

    • Memilih Lokasi

    Sebelum membeli, pilihlah lokasi terlebih dahulu. Jenis aktif umumnya merupakan bundle, sehingga Anda tinggal meletakkannya dan menyambungkannya dengan pemasok listrik. Jenis box tipis lazimnya ditempatkan pada kolong jok di depan.

    Sementara itu, model tabung sendiri ditempatkan pada bagasi sebab ukurannya lebih besar. Apabila Anda menginginkan jenis aktif di lantai mobil, sebaiknya pastikan kerataan permukaaannya. 

    • Memeriksa Ukuran