Berita

    Featured Image

    Kenali Penjelasan Lengkap Tentang Planetary Gear

    Tahukah Anda apa itu planetary gear? Komponen satu ini juga dikenal sebagai gigi gear. Di mana gigi gear ini terpasang pada mesin kendaraan. Disebut planetary karena susunan komponen gigi gear yang bentuknya menyerupai susunan planet.

    Gigi gear menjadi komponen yang penting untuk menjalankan sistem transmisi pada kendaraan. Komponen ini dipasang untuk mengatur akselerasi dan momen yang bekerja di mesin kendaraan.

    Pada dasarnya komponen ini digunakan untuk menghasilkan tenaga yang mampu menggerakkan mesin dengan beban ringan ataupun berat. Untuk mengetahui lebih dalam Anda bisa simak ulasan berikut.

    Komponen-Komponen Pada Planetary Gear

    Berikut merupakan komponen yang menyusun gigi gear yang Anda perlu tahu:

    • Ring Gear

    Dimulai dari bagian terluar gigi gear yaitu ring gear. Ring gear adalah komponen yang mengelilingi pinion gear. Komponen ini berfungsi sebagai pengikat atau tuas terbesar semua komponen pada gear set.

    Ring gear juga dikenal dengan nama annulus gear. Komponen satu ini mempunyai jumlah gear terbanyak jika dibandingkan dengan dua komponen lainnya.

    • Sun Gear

    Sun gear adalah gear terkecil di dalam gigi gear yang letaknya ada di tengah. Komponen ini berfungsi untuk menjadi poros dari seluruh komponen gigi gear yang lain.

    Seperti namanya, dalam tata surya bisa dibilang jika sun gear adalah matahari. Di mana matahari merupakan pusat dari peredaran planet. Begitu juga dengan sun gear yang memiliki fungsi serupa.

    Perbedaan Sun gear dengan gear yang lain yaitu sun gear mempunyai jumlah gigi yang lebih sedikit dibandingkan jenis gear yang lain.

    • Planetary Pinion Gear

    Planetary pinion gear merupakan komponen gigi gear yang letaknya paling dekat dengan sun gear atau poros gear. Jumlah gear pada sun gear yang lebih sedikit tadi akan bertautan dengan planetary pinion gear saat gigi gear bekerja.

    Pinion gear memiliki diameter lingkaran yang lebih kecil dari sun gear dan kerangka yang menyusunnya disebut dengan planetary carrier. 

    Bahan penyusun komponen adalah besi campuran dimana ujungnya terdapat barisan atau shaf yang menjadi poros ketika pinion gear berputar.

    Fungsi dan Cara Kerja Planetary Gear

    Setelah mengetahui komponen penyusunnya, kini Anda perlu tahu fungsi dan cara kerja dari komponen mesin satu ini. Gigi gear berfungsi untuk mengontrol sistem transmisi pada mesin kendaraan.