Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Power Window Yang Macet

    Apa Fungsi Power Window?

    Fungsi power window adalah untuk menaikan turunkan kaca mobil secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot memutar bagian engkol kaca, cukup tekan tombol up atau down saja. Mudah kan?

    Sayangnya, jika tombol ini tidak bekerja bisa menimbulkan masalah baru. Namun, Anda tidak perlu khawatir cukup cari tahu penyebab dan cara mengatasi power window mobil yang rusak.

    Inilah 4 Penyebab Power Window Macet

    Ada banyak hal yang menyebabkan power kaca tiba-tiba macet. Namun, yang paling sering biasanya disebabkan oleh empat komponen di bawah ini:

    • Sekring

    Biasanya tombol yang macet sering kali disebabkan akibat sekring yang rusak. Pasalnya, sekring ini berfungsi untuk meminimalisir adanya korsleting. 

    Selain itu, periksa juga mungkin ada bagian komponen ini yang putus. Jika iya, sebaiknya segera ganti yang baru.

    • Saklar

    Saklar window ini mempunyai mekanisme kerja yang lebih rumit ketimbang saklar lampu atau listrik. Sebab dalam satu buah saklar terdapat tiga perintah sekaligus yaitu up, down, off.  Sementara untuk saklar biasa hanya ada perintah on atau off.

    Selain itu, perintah ini juga sering dijalankan berulang-ulang dalam sekali berkendara. hal ini biasanya menyebabkan saklar lebih mudah rusak. Dan kerusakan saklar ini juga bisa menyebabkan tombol power window yang macet.

    • Motor atau Elektrik

    Sumber energi utama tombol power kaca ini berasal dari motor atau elektrik. Sehingga kerusakan pada motor ini dapat menyebabkan tombol kaca macet. 

    Bagian motor yang sering rusak adalah sikat motor. Sikat motor mempunyai peran  penting untuk menyalurkan sumber energi listrik ke rotor agar tombol power kaca bisa menyala.

    Karena perputaran sikat motor yang berulang dan terus-menerus menyebabkan komponen ini gampang sekali rusak. Dan apabila sikat motor rusak maka kaca sulit untuk dinaikkan atau diturunkan.

    • Rel Kaca

    Rel kaca rentan sekali terkena debu maupun kotoran. Sementara kondisi rel kaca yang kotor juga bisa menyebabkan power kaca macet. Jika, kotorannya hanya sedikit mungkin hanya menghambat gerakan kaca. Namun, jika terlalu kotor dapat menyebabkan power kaca macet. 

    Terdengar sepele, namun membiarkan rel kaca kotor juga dapat merusak power kaca mobil. Selain itu, kotoran ini juga bisa menyebabkan mengeluarkan bunyi, ketika power kaca dinyalakan.