Berita

    Ketahui Komponen Sistem Starter Mobil

    Tahukah Anda, sistem starter mobil itu ternyata sangat kompleks? Meski terlihat mudah, tapi ada banyak komponen sistem starter mobil ini. Fungsinya untuk mengubah energi listrik menjadi gerak.

    Tanpa sistem ini, maka mobil Anda tidak akan bisa menyala. Tidak seperti motor yang bisa “dipancing” dengan pedal. Untuk itu, yuk ketahui apa saja komponen, fungsi dan cara kerja pada sistem ini!

    Komponen Sistem Starter Mobil dan Fungsinya

    Sedikitnya ada 9 komponen pada sistem starter ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

            1. Saklar (Solenoid)

    Komponen pertama ini bisa Anda temukan pada bagian luar atau tempat kunci mobil. Fungsi dari saklar adalah sebagai penyalur arus listrik yang jumlahnya cukup besar ke armature. Selain itu, saklar juga bisa memutus  dan menghubungkan gigi pinion supaya mencapai ring gear flywheel. 

    Komponen ini masih terbagi kembali menjadi tiga jenis. Antara lain:

    • Solenoid Starter: Berbentuk tabung yang fungsinya sebagai penggerak drive pinion dan juga memberikan energi pada motor utama.
    • Solenoid Plunger: Jenis ini berfungsi sebagai penghubung gerakan pull in coil ke drive lever. 
    • Solenoid Caps: Terakhir adalah tutup yang ada pada depan starter. Fungsinya untuk menutup saklar dan juga penghubung arus.

            2. Komutator

    Kedua ada komutator yang bentuknya lingkaran. Bagian ini terpasang pada rangkaian Armature (penjelasan pada poin ketiga). Fungsinya sebagai media penghantar listrik dari saklar ke armature.

    Saat sedang bertugas, komponen ini akan berputar. Semakin tinggi tekanan yang dihantarkan, maka putaran juga semakin kencang. 

            3. Armature

    Sementara itu, Armature adalah sebuah rangkaian yang ada pada sistem starter mobil. Kegunaan dari komponen ini adalah sebagai penangkap energi dari saklar.

    Fungsi lain adalah sebagai pengubah energi dari listrik menjadi mekanik atau putaran. Energi inilah yang kemudian bisa menggerakkan komponen bernama gigi pinion. Baru kemudian mesin mobil akan hidup.

            4. Brush Coil

    Komponen sistem starter mobil yang keempat adalah brush coil. Ada dua bagian pada brush coil yaitu positif dan negatif.

    Untuk jenis positif, tugasnya sebagai penyalur listrik dari armature menuju field coil. Sedangkan pada jenis negatif, tugasnya sebagai penyalur listrik dari armature ke massa.