Berita

    Mengenal Brake Pad Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

    Brake pad mobil (brake shoe) atau yang familiar dikenal dengan sebutan kampas rem ini memiliki fungsi yang sangat krusial pada sistem pengereman kendaraan. 

    Apabila komponen ini sudah usang atau rusak tapi tidak segera diganti, hal tersebut bisa menghambat kinerja sistem pengereman itu sendiri. 

    Akibatnya, Anda bisa mengalami hal-hal fatal yang berisiko saat berkendara di jalanan seperti selip atau terjadi kecelakaan. Sebenarnya, bagaimana cara kerja brake pad dan apa saja fungsinya? Berikut informasinya. 

    Begini Cara Kerja Brake Pad Mobil

    Brake pad mempunyai cara kerja yang cukup sederhana dan saling berhubungan dengan kinerja komponen lain yang ada di sistem pengereman mobil. Cara kerja brake pad pada mobil adalah sebagai berikut: 

    • Pertama, Anda menginjak pedal rem untuk mengurangi kecepatan mobil. 
    • Saat pedal rem diinjak, bagian master silinder akan menekan hidrolis. 
    • Tekanan pada hidrolis tersebut diteruskan piston brake.
    • Komponen piston brake akan mengirimkan perintah pada brake pad untuk segera memberikan tekanan ke disc brake. 

    Sebagai gambaran, ketika Anda menginjak pedal rem, maka hal tersebut akan memberikan dorongan atau tekanan ke jalur rem yang ada di masing-masing roda mobil. Lalu, kinetik mobil akan langsung dikonversi menjadi gesekan yang mampu memperlambat gerak ban. 

    Semua itu bersumber pada brake pad yang memberikan “gigitan” pada cakram mobil sehingga cakram akan melambat sampai perputaran berhenti. Hal ini seiring dengan laju roda kendaraan yang juga akan melambat. 

    Fungsi Brake Pad Pada Mobil

    Salah satu komponen penting yang ada dalam sistem pengereman adalah brake pad atau kampas rem. Komponen kampas rem atau brake pad ini memiliki beberapa fungsi yang beragam, antara lain:  

            1. Pengereman Lebih Aman

    Fungsi brake pad mobil yang pertama adalah memberikan tekanan pada bagian disc brake atau piringan cakram. 

    Dengan adanya tekanan tersebut akan menghentikan laju kecepatan mobil pada saat di rem, meskipun pengereman tersebut dilakukan secara mendadak. 

    Dengan kata lain, keberadaan brake shoe atau kampas rem ini akan membuat proses pengereman yang dilakukan akan berlangsung secara sempurna dan tidak selip. 

            2. Meningkatkan Kenyamanan Berkendara