Berita

    Simak Cara Mencegah Kotoran Menempel Pada Stir Mobil

    Anda akan nyaman dalam berkendara ketika menikmatinya. Hal tersebut akan tercipta jika mobil dalam kondisi bersih. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan kebersihannya adalah stir mobil. Sebab, stir mobil kotor akan menimbulkan rasa enggan untuk mengemudi. 

    Seiring waktu, kotoran dapat berkumpul di bagian kemudi mobil. Meskipun hampir tidak mungkin untuk melihat kotoran dengan mata telanjang, itu akan mengganggu kinerja mengemudi dan kesenangan pengemudi dalam banyak kasus, terutama ketika Anda sensitif terhadap debu.

    Tips untuk Mencegah Stir Mobil Kotor

    Untungnya, cukup mudah untuk menghilangkan kotoran di setir. Faktanya, Anda bahkan dapat menggunakan bahan buatan sendiri untuk membersihkan setir mobil. Namun, sebelum ke bagian cara mencegah stir mobil kotor, pertama-tama Anda harus mengenali bahan dasar setir tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegahan dan pembersihan dengan cara yang tepat. 

    Berikut dua jenis bahan yang biasa dipakai untuk pembuatan setir mobil yang perlu Anda kenali. 

    Setir Mobil Berbahan Plastik

            1. Bahan pembersih yang perlu disiapkan:

    • Cairan pembersih yang khusus untuk membersihkan stir mobil kotor berbahan plastik atau vinyl seperti STP Tuff Stuff, Zeron Japan Gravity, 3M Interior Dressing. 
    • Bisa juga membuat sendiri cairan pembersihnya menggunakan air hangat dan sampo yang dicampurkan. Namun, hati-hati dalam mencampurkannya agar tidak sampai terlalu berlendir agar setir mobil tidak terlalu lengket nantinya. 
    • Bahan pendukung lain yang perlu disiapkan adalah sikat gigi, penyemprot, serta kain lembut pembersih atau serat mikro. Ketiganya digunakan untuk memungkinkan Anda dapat membersihkan hingga ke bagian-bagian sempit yang sulit dijangkau. 

            2. Hal-hal yang harus Anda lakukan untuk membersihkan stir mobil kotor:

    • Anda perlu menyemprotkan cairan pembersih ke roda kemudi secara merata.
    • Diamkan setir selama beberapa menit sebelum menyekanya dengan kain yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda perlu menyekanya dengan lembut sampai bersih.
    • Namun, jika tidak bekerja dengan baik, menyemprotkan kembali setir dengan cairan pembersih sudah cukup baik. Kemudian, menyikatnya dengan lembut memakai sikat gigi. Terakhir, Anda harus menyekanya hingga kering dengan selembar kain kering.

    Setir Mobil Berbahan Kulit