Berita

    Washer Mobil : Komponen & Cara Kerjanya

    Washer dan wiper adalah dua komponen yang sangat penting untuk menjaga kaca mobil tetap bersih. Karena merupakan 2 komponen berbeda, maka fungsi washer dan wiper juga memiliki perbedaan.

    Meskipun demikian, keduanya sama-sama berperan penting dalam membersihkan kaca mobil dari debu, air hujan, atau kotoran lainnya. Sebagian besar orang hanya mengenal komponen wiper, karena itu kenali apa saja fungsi, komponen, hingga cara kerja washer berikut ini.

    Fungsi Washer pada Mobil dan Perbedaannya dengan Wiper

    Sesuai namanya yaitu washer (pencuci), komponen ini merupakan sistem cuci kaca depan yang berfungsi untuk membersihkan kaca depan mobil dari kotoran dan debu dengan cara menyemprotkan cairan pembersih.

    Ketika pengemudi mengaktifkan sistem cuci kaca depan, maka semprotan air dari nozzle akan keluar. Hal ini berbeda dengan wiper yang berfungsi untuk mengelap atau menghapus air dan kotoran di kaca mobil, termasuk air yang berasal dari washer.

    Meski fungsinya secara spesifik berbeda, tetapi kedua komponen ini bekerja bersama-sama untuk memberikan visibilitas yang baik kepada pengemudi, terutama dalam kondisi cuaca buruk yang menyebabkan kaca berdebu atau tertutup air hujan.

    Komponen-komponen Washer Mobil beserta Cara Kerjanya

    Setelah mengetahui fungsi washer, pahami pula seperti apa cara kerja dari komponen yang terlibat. Secara umum, washer bekerja dengan cara menyemprotkan cairan pembersih ke kaca dari nozzle yang sebelumnya dipompakan melalui tangki khusus.

    Adapun jenis-jenis komponen beserta cara kerja masing-masing komponen tersebut adalah sebagai berikut:

    • Tangki Cairan Pembersih (Washer Tank)

    Sesuai namanya, tangki ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan air atau cairan pembersih. Washer tank biasanya terletak di bagian depan mobil atau di dekat mesin dengan ukuran dan kapasitas yang bervariasi.

    Cara kerjanya, ketika pengemudi mengaktifkan sistem cuci kaca depan, maka pompa washer akan menarik campuran cairan pembersih dari tangki lalu mendorongnya melalui selang ke lubang semprotan.

    • Motor Washer

    Selanjutnya adalah komponen motor yang berfungsi untuk menggerakkan pompa cairan yang ada pada sistem washer. Motor washer tersebut biasanya terletak di bawah kap mesin.