Berita

    Waspada, Begini Ciri Busi Mobil Perlu Diganti!

    Busi mobil merupakan komponen vital yang ada pada sistem pengapian mobil Anda. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menghambat kinerja sistem pembakaran di mesin mobil Anda. 

    Seperti komponen yang lainnya pada mobil, busi juga bisa mengalami aus. Jika demikian, Anda harus segera menggantinya. Di sini akan dibahas mengenai ciri-ciri busi yang perlu diganti dan jenis busi yang beredar di pasaran.

    Ketahui Ciri-ciri Busi Mobil Harus Diganti

    Untuk menandai kapan Anda harus mengganti busi dari kali terakhir, Anda melakukan pergantian adalah dengan berpatok pada 45.000 km di odometer Anda. Karena satu komponen busi mampu bertahan untuk jarak tempuh tersebut. 

    Selain itu, apa saja tanda yang akan muncul jika busi Anda alami masalah dan harus diganti?

    • Ciri Kerusakan Busi Saat Mobil Idle

    Pada kondisi mesin kendaraan yang idle, akan muncul putaran mesin yang kurang halus. Mulai bermunculan getaran yang tidak wajar yang bisa dirasakan hingga ke kabin mobil. Tuas gas juga akan menjadi lebih berat saat Anda menariknya. 

    Hal ini bisa menjadi sebuah penanda bahwa ada gangguan pada busi Anda dan harus segera dilakukan pengecekan.

    • Ciri Kerusakan Busi Saat Mobil Berjalan

    Sementara itu, ketika mobil sedang dipakai untuk melaju juga dapat ditemukan permasalahan. Saat mobil melakukan akselerasi, akan terasa lambat dan muncul sendatan. Bahkan terasa muncul lonjakan juga ketika mesin dijalankan. 

    Ketika mobil menampung banyak muatan, hal ini juga jadi lebih terasa. Tak cukup sampai di situ, jika busi alami masalah akan membuat mobil Anda boros bahan bakar. 

    Jika Anda menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil Anda juga akan menimbulkan masalah pada busi.

    • Ciri Kerusakan Busi Melalui Warna

    Selanjutnya pada kondisi mesin mobil yang mati, kerusakan pada busi ditandai dengan perubahan warna pada komponen tersebut. Tepatnya di ujung insulator dan pada elektroda busi akan muncul warna hitam pekat. 

    Ketika warna busi juga menjadi kemerahan dan menguning, maka menjadi pertanda bahwa busi harus segera diganti. Pada kondisi mesin mobil yang dingin akan membuat mesin sulit dinyalakan jika ada permasalahan pada busi. 

    Jenis Busi Mobil yang Umum di Pasaran

    Apabila Anda hendak melakukan pergantian busi, perlu memperhatikan spesifikasi busi yang kendaraan Anda butuhkan. Karena setiap jenis busi memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tipe-tipe busi yang umum untuk kendaraan:

    • Busi Standar