Berita

    Ini Cara Membedakan Oli Mobil Asli atau Palsu.

    Oli merupakan minyak pelumas yang dibutuhkan kendaraan bermotor, mobil maupun motor. Peningkatan jumlah kendaraan di sebuah wilayah tentunya meningkatkan jumlah kebutuhan oli untuk kendaraan. Oli yang dijual di pasaran pun beragam jenis dan spesifikasinya.

    Sayangnya, banyak oknum nakal yang berniat untuk menduplikasi atau memalsukan produk oli yang asli. Sebagai pembeli yang awam tentang otomotif, akan mempercayai semua omongan penjual dan menganggap hal tersebut sudah pasti benar. Maka dari itu Anda harus mengetahui perbedaan oli asli & palsu.

    Anda dapat memastikan keaslian produk oli yang Anda beli dengan melihat beberapa perbedaan yang telah dirangkum pada artikel ini.

    Temukan Perbedaan Oli Asli & Palsu

    Berikut beberapa perbedaan yang dapat Anda periksa pada oli yang Anda beli.

            1. Perbedaan Pada Label Kemasan

    Label kemasan oli dapat dijadikan sebagai pembeda utama antara oli asli dan oli palsu. Pabrik yang memproduksi oli asli menggunakan label kemasan berkualitas baik seperti bahan vinyl. Terlebih pada beberapa produsen oli asli, menambahkan tanda hologram pada kemasannya sebagai bukti keasliannya.

    Sedangkan untuk oli yang palsu akan menekan biaya produksi agar lebih murah. Sehingga bahan label kemasan yang digunakan hanya dari label stiker biasa. Selain itu, tanda hologram pada label kemasan oli yang asli sangat sulit ditiru oleh pabrik yang memproduksi oli palsu.        

            2. Perbedaan Pada Tutup Botol dan Kemasan

    Pabrik oli yang asli umumnya telah menggunakan teknologi modern pada proses produksinya. Salah satu bentuk kemasan yang dapat dilihat perbedaan oli asli & palsu adalah tutup botol. Tutup botol didesain hanya dapat digunakan satu kali setiap oli telah dibuka.

    Hal ini merupakan bentuk pencegahan terjadinya duplikasi oleh pabrik oli palsu yang tidak bertanggung jawab. Sehingga tutup botol yang telah dibuka kemasannya, akan memiliki kerusakan dan tidak dapat digunakan kembali.

            3. Perbedaan Pada Nomor Produksi 

    Perbedaan yang ketiga adalah Anda dapat memeriksa kode dan nomor produksi pada untuk memastikan keaslian oli yang Anda beli. Oli yang asli memiliki kode produksi pada 2 tempat berbeda, yaitu pada tutup botol dan pada botol oli.

    Cocokkan kedua nomor tersebut dan melihat apakah terdapat perbedaan atau tidak. Jika terdapat 1 perbedaan angka saja, maka dipastikan oli yang Anda beli adalah palsu.