Berita

    Inilah Ciri Kerusakan Bushing Arm Yang Harus Anda Ketahui!

    Bushing arm atau busing lengan adalah komponen dari sistem suspensi yang berfungsi penting dalam menjaga kaki-kaki mobil agar tetap bekerja sesuai fungsinya. Namun, kerusakan pada komponen ini dapat membuat fungsi tersebut terganggu.

    Selain itu, kerusakan pada busing penghubung lengan juga bisa membahayakan keamanan pengemudi dan mengurangi kenyamanan berkendara. Karena itu, kenali apa saja ciri kerusakannya agar bisa segera ditangani sebelum merambat ke komponen lain.

    Berikut Ciri Kerusakan Bushing Arm pada Mobil

    Dengan memperhatikan kondisi busing lengan, Anda dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan menjaga kinerja dan keamanan kendaraan. Untuk itu, kenali dan perhatikan berbagai tanda-tanda kerusakannya berikut ini:

    • Mobil Terasa Mudah Oleng

    Kerusakan pada busing lengan dapat menyebabkan mobil terasa mudah oleng atau tidak stabil saat dikemudikan. Hal ini karena busing lengan tidak mampu menstabilkan pergerakan roda saat kendaraan melintas di jalan yang tidak rata.

    • Terdengar Suara Berisik

    Ciri kerusakan bushing arm pada mobil selanjutnya yaitu terdengar suara berisik atau gemeretak saat kendaraan melintas di jalan yang tidak rata atau saat melakukan manuver tertentu, akibat gesekan dengan bagian lain dari suspensi atau sasis.

    • Terdengar Suara Decitan di Bawah Jok Depan

    Suara decitan atau suara berisik lainnya juga dapat terdengar dari bawah jok depan kendaraan apabila busing lengan mengalami kerusakan. Penyebabnya sama, yaitu gesekan antara busing lengan yang rusak dengan bagian lain dari suspensi/sasis mobil.

    • Roda Terasa Bergetar

    Kerusakan busing penghubung lengan diketahui dapat menyebabkan roda terasa bergetar saat mobil melaju pada kecepatan tinggi atau saat melakukan pengereman. Hal ini disebabkan oleh ketidakstabilan roda akibat adanya kerusakan.

    • Posisi Roda Tidak Stabil

    Ciri terakhir adalah posisi roda yang menjadi tidak stabil atau bergeser dari posisi semula. Jika busing lengan rusak atau aus, maka posisi roda dapat bergeser yang akhirnya membuat kendaraan menjadi tidak stabil saat dikemudikan.

    Dampak Kerusakan Bushing Arm pada Mobil

    Kerusakan komponen busing penghubung lengan pada mobil dapat memberikan dampak yang cukup serius terhadap kinerja dan keamanan kendaraan. Beberapa dampak yang dapat terjadi di antaranya adalah:

    • Tidak Stabil dan Tidak Aman saat Berkendara