Berita

    Ketahui Ciri-Ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

    Sistem transmisi mobil matic memang memiliki konsep yang sederhana dan mudah digunakan. Namun sistem transmisi ini juga bisa mengalami kerusakan dan Anda harus mengenali dengan baik tanda-tanda kerusakan tersebut. 

    Jika Anda tahu tanda-tanda kerusakan sejak dini maka akan lebih mudah untuk mengambil tindakan. Mari kenali seperti apa ciri-ciri kerusakan pada jenis mobil dengan transmisi matic!

    Kerusakan Transmisi Mobil Matic

    Bagi Anda yang saat ini menggunakan mobil matic, penting sekali untuk mengenali tanda-tanda kerusakan agar bisa segera mengambil tindakan. Berikut ini beberapa ciri adanya kerusakan pada mesin mobil dengan transmisi otomatis:

    • Perpindahan Gigi Tidak Smooth

    Ciri yang pertama dan sebenarnya paling mudah dikenali adalah perpindahan gigi yang kurang smooth atau kasar. Pada saat Anda memindahkan gigi, biasanya akan muncul hentakan dan hal ini tidaklah normal. 

    Munculnya hentakan atau kekasaran saat gigi berpindah ini terjadi karena biasanya pemilik tidak mengganti oli transmisi tepat waktu. Hal tersebut akan memicu kerusakan sistem transmisi sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. 

    Selain kelalaian mengganti oli, ternyata hal ini juga bisa disebabkan oleh adanya kebiasaan memindahkan gigi yang salah. Pemicunya bisa karena Anda terbiasa memindahkan gigi ke posisi P padahal mobil belum berhenti. 

    • Tarikan Mobil Lemah

    Tanda lainnya adalah adanya tarikan mobil yang terasa begitu lemah. Saat gas mobil diinjak dan transmisi Anda ada di posisi D, harusnya tarikan gas jadi kencang. Saat terjadi gangguan maka tarikan mobil justru melemah. 

    Indikasi ini sebaiknya diwaspadai karena jika dibiarkan begitu saja maka bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk mengatasi masalah tersebut. 

    Biasanya kondisi seperti ini dipicu oleh kerusakan plat kopling. Bisa juga terjadi karena oli mesin sudah kotor dan tidak segera diganti. 

    • Kebocoran pada Oli Transmisi

    Salah satu cara untuk mengecek performa transmisi mobil matic adalah dengan melihat bagian olinya. Jika terjadi kebocoran pada oli transmisi, maka bisa dicurigai bahwa ada kerusakan. 

    Kebocoran ini bisa ditandai dengan adanya tetesan oli di bagian tengah kolong mobil. Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lengkap lagi seperti apa kondisi transmisinya.