Berita

    Mengungkap Fungsi Koil Mobil dan Cara Kerjanya

    Koil adalah salah satu nama dari sparepart mesin kendaraan yang berbentuk gulungan kawat tembaga yang dialiri oleh arus listrik.

    Besaran diameter dari kawat tembaga serta jumlah gulungan dari tiap-tiap bagian pun tidak sama. 

    Namun secara umum, koil terdiri dari tiga kumparan atau tiga gulungan dan berikut adalah rinciannya.

    • Kumparan Primer

    Pertama adalah kumparan primer. Kumparan ini merupakan gulungan kawat tembaga berdiameter antara 0,5 mm hingga 1,0 mm. Sedangkan jumlah gulungan berkisar antara 150-300 gulungan.

    • Kumparan Sekunder

    Selanjutnya adalah kumparan sekunder, yang merupakan gulungan kawat tembaga dengan ukuran sekitar 0,05mm hingga 0,1mm. Kumparan sekunder ini memiliki jumlah lilitan kawat yang lebih banyak, sekitar 15.000-30.000 lilitan.

    • Komponen Penyekat

    Terakhir adalah komponen penyekat, yaitu bagian koil yang menjadi penyekat atau pemisah antara kumparan primer dan kumparan sekunder.  Bagian ini terbuat dari kertas khusus atau resin yang memiliki kemampuan menahan panas hasil dari induksi.

    Fungsi dari koil adalah mengubah tegangan listrik untuk menyalakan mobil. Termasuk mempertinggi tegangan listrik aki supaya bisa memberikan percikan api pada busi. 

    Dan berikut adalah beberapa fungsi utama dari Koil.

    • Mengubah tegangan rendah listrik

    Fungsi utama dari koil adalah mengubah tegangan rendah listrik. Pada dasarnya di dalam mobil ada sistem pengapian yang berguna untuk membuat mobil bisa menyala. Tanpa adanya sistem pengapian, maka mobil tidak mungkin bisa dinyalakan.

    Tidak hanya itu saja, dalam mobil juga ada daya listrik yang sangatlah berguna. Di sinilah fungsi koil menjadi krusial. Koil mampu mengubah tegangan rendah listrik dari 12 volt menjadi 10.000 volt. Dengan kemampuannya inilah akhirnya mobil bisa mendapatkan daya yang kuat untuk dinyalakan.

    • Mengatur Pengapian

    Selain memiliki kemampuan untuk meningkatkan tegangan listrik yang rendah menjadi tinggi, koil juga dapat berguna sebagai pengatur pengapian. Perlu diketahui bahwa untuk menyalakan sebuah mesin mobil, maka perlu sistem pengapian yang baik. Diperlukan panas pada mesin sehingga bisa memberikan percikan bunga api

    • Memunculkan Percikan Bunga Api

    Untuk menyalakan mesin mobil maka diperlukan percikan bunga api saat ingin dinyalakan. Dengan adanya koil  maka energi listrik akan mencapai tegangan tinggi hingga 10.000 volt bahkan lebih dan menimbulkan percikan bunga api.