Berita

    Ketahui Penyebab & Cara Mengatasi Oli Mobil yang Rembes

    Masalah oli mobil rembes bisa jadi berdampak fatal jika tidak segera diatasi dengan cara yang tepat. Hal ini sering dipandang sepele padahal bisa memicu kerusakan yang akan merugikan Anda sebagai pengguna mobil. 

    Oli itu sendiri punya peran penting untuk menjaga performa mobil Anda. Oli akan menjalankan peran lubrikasi dan membantu mendinginkan sistem mesin agar tidak terjadi overheat

    Penyebab Oli Mobil Rembes

    Sebagai pengguna mobil, Anda sebaiknya tahu apa saja hal-hal yang bisa memicu oli mobil bocor atau rembes. Berikut ini beberapa faktor penyebab yang perlu Anda waspadai sebagai pengguna mobil:

    • Kerusakan Filter Oli

    Faktor penyebab pertama adalah adanya kerusakan pada filter oli. Filter itu sendiri berfungsi untuk menyaring kotoran maupun partikel kecil seperti debu. Saat terjadi kerusakan pada filter maka semua kotoran bisa masuk ke oli. 

    Jika hal seperti ini dibiarkan terus terjadi maka kelamaan akan terjadi rembesan oli. Selain disebabkan oleh kerusakan filter, kondisi ini juga bisa terjadi karena filter sudah terlalu usang.

    • Gasket Sudah Terlalu Tua

    Selain filter, gasket juga punya peran penting untuk menjaga performa oli. Gasket merupakan sebuah komponen yang bekerja mengisi celah antara dua jenis komponen dan mencegah kebocoran. 

    Saat sudah terlalu tua atau usang, fungsi gasket akan menurun. Komponen kemudian tidak bisa mengisi celah antara dua komponen dan memicu kebocoran, salah satunya kebocoran pada oli. 

    • Kelebihan Oli

    Salah satu penyebab oli mobil rembes adalah pengisian yang melebihi kapasitas. Pengisian yang berlebihan otomatis akan meluber dan menyebabkan oli merembes keluar. Sebaiknya isi oli sesuai takaran atau kapasitas. 

    • Masalah pada Steker Pembuangan Oli

    Oli mobil Anda juga bisa rembes karena ada masalah pada steker pembuangan. Steker ini fungsinya untuk mengalirkan oli dari mesin ke tempat penyimpanan. Apabila terjadi kerusakan maka oli secara otomatis akan rembes keluar. 

    Pexels

    Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes

    Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah oli mobil rembes ini? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan saat oli mobil mengalami kebocoran atau rembes:

    • Kencangkan Baut